Cara Liburan Murah ke Bali Ala Backpacker

Sumber:flickr.com - KembaraAlam (Pantai Kelan)
Meskipun Bali sudah umum dijadikan tujuan berlibur oleh banyak orang, tapi berlibur ke Bali tetap saja meng-asyik-an. Dengan puluhan destinasi wisata yang tersedia di Bali, sepertinya tidak cukup satu atau dua kali untuk mengunjungi Bali. Bahka sekarang Bali semakin gencar membuka destinasi wisata baru.

Bagi sahabat yang pernah ke Bali, pasti sudah tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi ke sana? Memang tidak murah, tapi ada satu cara berlibur tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, yakni berlibur ala backpacker.

Ya, berlibur ala backpacker selain murah, juga banyak menawarkan pengalaman seru. Tips pertama untuk berlibur ala backpacker adalah mencari tiket yang murah. Tidak harus jalur darat, kini banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tiket promo pesawat ke Bali. Dari sini lah perjalanan backpacker sahabat dimulai.

Meskipun tiket promo ke Bali sudah di tangan, tak serta merta sahabat bisa langsung ke sana, ada beberapa hal yang harus sahabat siapkan. Untuk memudahkan, berikut adalah beberapa tips yang bisa sahabat jadikan pegangan selama berlibur ala backpacker.



Pemilahan Dana
sumber:rislah.com
Jadi, ada baiknya sahabat sudah memilah dana atau budget sahabat sebelum berangkat berlibur. Sebagai contoh, pisahkan budget untuk transportasi, makan, tiket masuk wisata, dan lain-lain. Fungsi dari pemilahan dana ini untuk mengurangi resiko uang habis karena kebutuhan yang tidak penting. Demi keamanan, sangat disarankan untuk tidak membawa uang tunai secara berlebihan. Sebagai gantinya sahabat bisa memanfaatkan ATM yang cukup banyak tersedia di Bali.

Pemilihan Waktu yang Tepat
Memang berlibur bisa kapan saja, tapi dengan pemilihan waktu yang tepat, liburan sahabat akan sangat menyenangkan. Bayangkan jika sahabat memilih liburan saat akhir pekan atau musim liburan. Selain harga tiket yang pasti mahal, banyaknya wisatawan yang berkunjung pasti mengurangi kenyamanan sahabat.

Cobalah berlibur di hari kerja karena harga penginapan dan tiket masuk destinasi wisata pasti akan lebih murah. Dan di hari-hari tersebut, banyak maskapai yang menawarkan tiket promo pesawat ke Bali. Tentunya tidak semua ya bisa berlibur bebas harinya mau kapan saja, mungkin bisa mengatur jadwal cuti menjadi libur panjang.

Cari Penginapan Dengan Harga Murah
Sekarang ini sudah banyak penginapan di Bali khusus buat para Backpacker. Cobalah untuk mencari penginapan di sekitar Jalan Poppie Lane dan Jalan Legian, di sana merupakan kawasan yang terkenal dengan penginapan murahnya. Harga sewa kamar mulai dari 100 ribu sampai 350 ribu. Harga sewa tersebut bisa jadi lebih murah lagi jika sahabat menyewanya untuk 3 hari berturut-turut. 

sumber:monostel.com
Sewa Motor
Tips yang satu tak kalah pentingnya, mengingat destinasi wisata di Pulau Dewata ini banyak jumlahnya, selain memudahkan untuk berkunjung dari satu tempat ke tempat lain, dengan menyewa motor sahabat juga bisa menghemat budget.  Seperti halnya menyewa kamar, harga sewa sepeda motor juga bisa murah jika sahabat menyewa selama beberapa hari.


Pemilihan Destinasi Wisata
sumber:pixabay.com (Pantai Kuta)
Karena tujuan kali ini berlibur dengan biaya yang murah, pilihan destinasi wisata yang tepat juga masuk dalam list yang wajib sahabat siapkan. Destinasi wisata yang saling berdekatan adalah pilihan yang tepat, karena dengan begitu tidak banyak dana yang sahabat keluarkan untuk berpindah-pindah destinasi. Bagi sahabat yang suka pantai, disarankan untuk berkeliling Bali bagian Selatan, karena di sanalah berjejer pantai-pantai menarik dan juga tempat yang cocok untuk menikmati sunset terbaik.

Itu adalah beberapa tips yang harus sahabat persiapkan sebelum mencoba liburan ala backpacker ke Bali. Tentu saja selain persiapan yang matang, perlu juga memnyipkan kondisi tubuh yang sehat dan bugar. Agar selama perjalanannya nanti, bisa menikmati waktu liburan lebih maksimal. Jalajahi keindahan alam Nusantara dan temukan pengalaman terbaik sahabat. Selamat Berlibur


Share: