Mengunjungi Kemeriahan Trenggalek Street Carnival, Event Terbesar Sepanjang Sejarah Trenggalek

Bulan Agustus nampaknya menjadi momen yang paling ditunggu oleh semua masyarakat Trenggalek. Ya, pada bulan tersebut terdapat dua hajat besar yaitu peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus hari jadi kota Trenggalek. Setiap tahunnya selalu diselenggarakan berbagai pesta rakyat dan kegiatan - kegiatan kusus yang menarik untuk dikunjungi. Tidak tanggung - tanggung agenda kegiatan biasanya berlangsung selama sebulan penuh. Mulai dari pawai budaya, gerak jalan, hingga berbagai lomba. Namun ada yang beda ditahun 2016 ini, acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek ternyata malah semakin meriah, bahkan diklaim sebagai event terbesar sepanjang sejarah Trenggalek. 
Suasana kemeriahan TSC, di alun - alun Trenggalek
Dengan menggandeng Event Organizer ternama pemerintah Kabupaten Trenggalek serius menggarap acara rutin tahunan ini. Trenggalek Street Carnival (TSC) digelar selama 3 hari yaitu pada tanggal 19-21 Agustus 2016. Kemegahan acara tersebut ditunjukan dengan 3 panggung besar berkelas dan enam zona tempat yang membentang di jalan sepanjang 2,7 kilometer. Setiap Zona dilenkapi panggung berukuran sedang yang dibuat untuk berbagai pentas seni dan lomba. Ada Zona Religi, Zona Anak - Anak, Zona Tempo Dulu, Zona Teknologi, Zona UKM, dan Zona Modern.  Ratusan pelaku industri kreatif , beberapa komunitas, dan ribuan masyarakat sangat antusias menyambut digelarnya acara ini.
Masyarakat Trenggalek memadati jalan disepanjang TSC
Waktu saya datang malam itu, tepatnya hari kedua, berbagai komunitas sudah terlihat memenuhi jalan - jalan di TSC. Malah parahnya lagi ditambah dengan acara sepeda sehat yang ikut menambah sesak jalan. Berbagai penjual makanan unik nampak sibuk melayani pelangganya. Produk - produk kreatif khas Trenggalek pun tak kalah eksis, dengan kemasan yang lebih modern tak heran produk tersebut menarik perhatian kususnya anak muda.
Tampak anak - anak muda memenuhi stand yang menjual kaos khas Trenggalek
Produk - produk UKM andalan Trenggalek ikut meramaikan TSC
Tidak hanya bazar yang menjual produk, dibeberapa tempat panitia event juga menyediakan properti untuk berfoto selfi. Salah satu contohnya, balon raksasa berbentuk wayang yang dipasang disetiap zona. Ukuranya yang besar menjadi pusat perhatian para pengunjung. 
Balon Wayang di Trenggalek
Kemeriahan juga terlihat dipinggir alun-alun, yang diprovokatori para pemain gamelan. berjalan di event ini serasa tidak ada habisnya, bayangkan saja jarak yang kita tempuh sepanjang 2,7 kilo meter. Tapi kita juga bisa menikati perjalanan panjang tersebut denngan menggunakan transportasi becak murup yang siap melayani pengunjung.
Bermain Gamelan Khas Trenggalek
Puncaknya sebenarnya ada di dua tempat yang berbeda. Yang pertama berada di panggung besar stadion menaksopal dan yang kedua tentu saja di bundaran alun - alun Trenggalek. Sebuah panggung besar dengan penampilan band - band papan atas mencairkan malam di TSC.
Suasana di sekitar panggung Trenggalek Street Carnival
konsep (EXACT) Exhibition, Art and Community sangat kental kami rasakan. Intinya masyrakat dimanjakan dengan aktifitas belanja, menikmati hiburan dan berkumpul bersama komunitas. Dirgahayu Republik Indonesia dan salam sukses untuk hari jadi Kabupaten Trenggalek yang ke-822. 
Share: