Pemandian Banyu Anget Tirto Husudo Pacitan

Dipenghujung tahun 2015 ini kami berkesepatan menikmati liburan di Kota Pacitan. Daerah yang terlatek dipojok selatan Provinsi Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan kota 1001 goa. Banyak tempat wisata yang cocok untuk liburan dan lanyak untuk dikunjungi , salah satu yang terkenal adalah Pemandian Banyu Anget Tirto Husodo. Seperti namanya yang diambil dari bahasa jawa “Banyu Anget” yang mempunyai arti air hangat tempat wisata ini menwarkan paket wisata pemandian air hangat dari sumber mata air panas bumi.


pemandangan di sekitar lokasi pemandian banyu anget
Lokasi Wisata terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kab. Pacitan atau 15 Km arah utara pusat Kota Pacitan. Terdapat dua jalur utama untuk mengakses lokasi wisata ini pertama melalui rute Solo - Wonogiri -  Pacitan (117 Km) atau Jalur Ponorogo - Pacitan (60 Km).  Pada perjalanan wisata ini kami memilih menempuh rute Ponorogo - Pacitan. Akses jalan sangat mudah, jalan yang  lebar dan beraspal ditambah dengan pemandangan alam yang indah akan menyambut anda. Dalam perjalanan kita akan sering menemui dinding – dinding gunung batu yang ditumbui pepohonan rindang. Anda Juga akan diajak menyusuri tepian sungai dengan padang rumput yang luas. Memasuki Desa Karangrejo terdapat pemandangan persawahan yang alami. Setelah melawati area persawahan tersebut kita akan sampai pada lokasi pemandian yang letaknya tepat dibawah kaki gunung kelir yang terawat dengan hijaunya pepohonan.
Area parkir yang luas
Tempat belanja oleh - oleh / souvenir
Untuk menambah kenyamanan pengunjung, tempat ini menyediakan berbagai macam fasilitas penunjang. Diantaranya adalah tempat parkir yang luas, Tempat belanja Souvenir, warung makan, mushola, dan area santai . Pemandian banyu anget buka selama 24 jam sehingga terdapat tempat penginapan atau vila bagi pengunjung yang ingin bermalam disana. Sementara harga tiket masuknya hanya 10rb untuk dewasa dan 5rb untuk anak – anak. Harga tiket yang cukup terjangkau bagi masyarakat pada umumnya.

Setelah memasuki gapura kita harus melewati beberapa anak tangga untuk sampai di kolam pemandian. Disekeliling tangga – tangga masuk tersebut terdapat banyak penjual kaos kas pacitan, batu akik, makanan, kerajinan dan masih banyak lagi, namun peenjual – penjual tersebut tidak mengganggu perjalanan karena semua tertata dengan rapi.


Kolam untuk orang dewasa

Kolam untuk anak - anak
Di area utama terdapat lima kolam yang saling berdekatan. Yang pertama adalah kolam induk (sumber) yang diberi pagar pembatas agar tidak dijangkau oleh pengunjung karena terlalu panas. Selanjutnya terdapat dua kolam dewasa dengan kedalaman 1,5 meter salah satunya memiliki tingkat panas yang lumayan. Sementara untu anak – anak ada dua kolam renang dengan panas yang sedang. Jika anda tidak suka keramaian maka terdapat pula 10 kamar spa eklusif yang bisa disewa dengan harga 10rb perjamnya. Mandi di tempat ini sangat nyaman selain pemandanganya yang memang indah airnya yang hangat juga sangat berkasiat untuk menyehatkan tubuh. Air hangat tersebut mengandung belerang dengan kadar yang rendah sehingga tidak lengket di tubuh dan baunya pun tidak menyengat. Selepas mandi dan berenang di tempat wisata ini kita akan meraskan bandan menjadi lebih segar sehingga liburan menjadi lebih berkesan. Jadi ketika kita mengunjungi pemandian banyu anget ini selain dapat berwisata, kita pun juga dapat melakukan terapi yang bermanfaat untuk kesehatan ketika. Pacitan memang indah ........

Share: